Langsung ke konten utama

Peran Pemerintah Dalam Membina Koperasi Untuk Peningkatan Kesejahteraan dan Keselamatan Kerja Buruh (TKBM)


BATAM, METRO PESISIR - Pemerintah terus mengembangkan pelabuhan agar mampu mengantisipasi percepatan bongkar muat barang melalui penyediaan dan kelengkapan fasilitas pelayanan spesialisasi. Antara lain melalui pembangunan inner road, pelebaran alur dan pintu gerbang masuk kapal menjadi lalu lintas dua arah. Dan memberikan kesejahteraan kepada buruh bongkar muat pelabuhan sehingga dapat langsung dibantu oleh pemerintah. Untuk itu perlu dukungan dari sumber daya manusia yang handal, sekaligus adanya kondusifitas dalam lingkungan pekerjaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diselenggarakan sosialisasi peran pemerintah dalam membina koperasi untuk peningkatan kesejahteraan dan keselamatan kerja kepada para tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan pengumpan lokal (PPL) kota batam provinsi kepulauan riau di gedung mak mom mashor tanjung riau, Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Polda Kepri diwakili Kasubdit II intelkam polda kepri AKBP Arifin Sihombing, S.Soc, M. Sc., Kadishub bidang laut Musadek, Kadis Koperasi UMKM Hendri Arulan S.Pd, Kepala KSOP bidang lalulintas laut Kota Batam Dedi Hermanto, SE dan DPC Pelabuhan rakyat Wandy.

KSOP bidang lalulintas laut Kota Batam Dedi Hermanto menjelaskan, “KSOP sangat terkesan dengan acara yang di gelar oleh Polda Kepri. Ini menjadi agenda rutin yang sangat baik untuk masyarakat terutama di pelabuhan penumpang lokal. Nantinya dapat mensejahterakan masyarakat terhadap lapangan kerja dengan melakukan bongkar muat di pelabuhan”jelasnya.

Sementara itu, DPC Pelabuhan rakyat wandy mengatakan, sangat bahagia sekali di undang oleh Polda Kepri. Karena memberikan semangat kepada rekan rekan pekerja di pelabuhan tanjung riau dan mendapatkan keselamatan kerja dan masuk kedalam anggota koperasi.

Kadishub bidang laut Musadek menambahkan, “kegiatan yang digelar oleh Polda Kepri ini banyak memberikan kontribusi kepada tenaga kerja yang ada di pelabuhan. Kami berharap kegiatan ini memberikan motivasi kepada kawan-kawan khusus tenaga kerja agar lebih semangat lagi dan menjaga keamanan serta ketertiban di pelabuhan, “ tambah Musadek.

Kadis Koperasi UMKM Hendri Arulan S.Pd, dalam wawancaranya mengatakan Pemerintah Kota Batam melalui dinas koperasi mengharapkan atas diselenggarakan nya acara tersebut koperasi yang ada di pelabuhan dapat hidup kembali agar dapat membantu para buruh di pelabuhan, Pemko Batam siap mensupport membangkitkan kembali koperasi di pelabuhan.

Fungsi dan peran Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) ditingkatkan sehingga mampu mengurangi biaya logistik di Indonesia. Sesuai arahan Presiden, kegiatan logistik memiliki posisi penting dalam mendukung keberlangsungan kegiatan dan pemenuhan kebuthan masyarakat sehari-hari.

Meningkatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kepelabuhanan menuntut kegiatan penanganan bongkar muat barang-barang umum lebih efektif dan efisien. Artinya sejalan semakin meningkatnya tuntutan ketersediaan TKBM berkualitas dan kompeten yang menangani langsung kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan.

Pemerintah menaruh harapan besar kepada organisasi serikat pekerja/serikat buruh, dan sektor TKBM (ada Inkop TKBM), dapat menjadi jembatan perubahaan dan penggerak perubahaan untuk membantu anggota perlunya reskilling dan upskilling. Hal ini diperlukan agar pekerja/buruh TKBM mampu beradaptasi dengan keadaan saat ini, agar mampu menghadapi persaingan yang semakin tajam.

Diakhir acara diserahkan secara simbolis sertifikat serta bantuan paket sembako bagi para peserta yang ikut dalam acara sosialisasi tersebut.


Postingan populer dari blog ini

SOSIALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN PULAU PESISIR KOTA BATAM DALAM UPAYA PELESTARIAN HABITAT PERIKANAN TANGKAP DAN PEMILU DAMAI TAHUN 2024 DI KOTA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU

BATAM, METRO PESISIR - Pembangunan kelautan dan perikanan tanpa pengelolaan yang memadai dan integratif di beberapa daerah menyebabkan penurunan wilayah pesisir dan laut serta sumberdaya ikan yang di kandungnya. Keadaan itu telah menimbulkan dampak lebih lanjutnya yaitu penurunan pendapatan hingga menyebabkan ekonomi masyarakat pesisir menjadi terpuruk. Masyarakat pesisir perlu adanya peningkatan taraf hidup agar kesenjangan ekonomi antara masyarakat pesisir dengan di kota tidak semakin tajam. Melalui pemberdayaan masyarakat pesisir dan pendayagunaan pesisir dan lautan secara optimal dan berkelanjutan diharapkan dapat menjadi solusi dari isu dan permasalahan di masyarakat pesisir . Untuk mewujudkan hal tersebut diselenggarakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat nelayan pulau Pesisir Kota Batam dalam upaya pelestarian habitat perikanan tangkap dan pemilu damai tahun 2024 di Kota Batam, yang dilaksanakan di Kecamatan belakang Padang Kota Batam Provinsi kepulauan Riau. Hadir

BANSOS & ANNIVERSARY GATHERING SCI BATAM KE 11 TAHUN

Bakti Sosial SCI Chapter Batam Ke Pondok Pesantren  METRO PESISIR, BATAM - Swift Club Indonesia Chapter Batam melaksanakan bakti sosial ke pesantren dan family ghatering dalam merayakan anniversary Swift Club Indonesia yang ke 11 tahun. Dengan mengangkat tema "kebersamaan dan kepedulian meningkatkan solidaritas" digelar bersama seluruh keluarga besar Swift Club Indonesia (SCI) chapter Batam. Keseruan Anniversary SCI chapter Batam Ke 11 Tahun Acara family ghatering yang digelar bersempena anniversary ke 11 tahun tersebut mengadakan berbagai macam permainan. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan tali silaturahmi antar keluarga besar di SCI chapter Batam. Acara family ghatering ditutup dengan pemotongan kue dan doa bersama. Ketua SCI Batam Abner Sucipto Hardono mengatakan dengan perjalanan SCI Chapter Batam ini rekan-rekan di dalam komunitas dapat selalu menjaga kekompakan dan tingkatkan silaturahmi, dengan Anniversary SCI Batam ini tetap solid antara satu dengan yang lainnya.

SAHUR ON THE ROAD SUZUKI SWIFT CLUB INDONESIA (SCI) CHAPTER BATAM

Suzuki Swift Club Indonesia (SCI) Chapter Batam METRO PESISIR, BATAM - Sahur on the Road  atau SOTR adalah sebuah kegiatan sosial yang dilakukan dengan membagikan hidangan sahur pada setiap orang yang membutuhkan dengan berkendara bersama-sama mengunjungi suatu tempat ke tempat yang lain, yang dijadikan sebagai tujuan tempat pembagian. SOTR umumnya dilakukan oleh sekumpulan orang dengan jiwa kepedulian tinggi terhadap sesama, seperti halnya komunitas  Suzuki Swift Club Indonesia (SCI) Chapter Batam ini. Dalam rangka menjalankan ibadah puasa dan menjelang Anniversary ke 11 tahun Suzuki Swift Club Indonesia (SCI) Chapter Batam Kepri menggelar kegiatan positif sahur on the road bertemakan "makna kebersamaan di bulan Ramadhan" yang di ikuti oleh puluhan anggotanya dengan membagi-bagikan nasi kotak kepada para masyarakat di kota Batam untuk sahur, sebelum itu club mobil ini juga sebelum nya juga pernah melakukan hal-hal positif lainnya seperti memberikan bantuan ke panti asuhan da